(Duta Dancow 2012)
Sehat merupakan modal utama untuk Anak Life-Ready. Mempersiapkan Anak Life-Ready, merupakan tugas orangtua yang sangat penting. Kemampuan orangtua dalam memantau serta memberikan pola asuh dan stimulasi yang memadai merupakan faktor utama yang mempengaruhi kualitas anaknya sebagai Anak Life-Ready. Pemberian stimulasi hendaknya harus disesuaikan dengan usia anak serta tahapan perkembangan anak, sehingga anak dapat tumbuh kembang secara sehat. |
|||||||||
1.
|
Ciri-ciri Anak Sehat
|
||||||||
Anak
sehat dapat diketahui dari aspek fisik dan pisikis.
|
|||||||||
a.
|
Fisik
Dari
aspek fisik kondisi anak:
|
||||||||
1)
|
Jarang
sakit.
|
||||||||
2)
|
Nafsu
makan baik.
|
||||||||
3)
|
Pencernaan
baik.
|
||||||||
4)
|
Status
gizi dan pertumbuhan normal. Hal ini dapat dilihat dari hasil penimbangan
berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala.
|
||||||||
b.
|
Psikis
(emosi, kognitif)
Dari
aspek psikis kondisi anak:
|
||||||||
1)
|
Aktif.
|
||||||||
2)
|
Responsif.
|
||||||||
3)
|
Ceria/gembira.
|
||||||||
4)
|
Tidur
nyenyak, bangun ceria.
|
||||||||
2.
|
Pertumbuhan Anak
|
||||||||
Anak
yang sehat akan mengalami pertumbuhan yang baik. Pertumbuhan adalah
bertambahnya berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala anak sesuai dengan
umurnya. Cara memantau pertumbuhan anak yaitu dengan jalan:
|
|||||||||
a.
|
Menimbang
berat badan anak secara rutin setiap bulan sekali untuk anak baru lahir
sampai satu tahun. Kemudian untuk anak satu tahun sampai lima tahun minimal
tiga bulan sekali. Hasil penimbangan dicatat dalam Kartu Menuju Sehat (KMS),
kemudian dilakukan penilaian. Anak yang mempunyai status gizi baik, ada
digaris hijau.
|
||||||||
b.
|
Mengukur
tinggi badan anak. Hasil pengukuran tinggi badan anak kemudian dicatat dalam
KMS tinggi badan sesuai jenis kelamin anak. Anak yang mempunyai status gizi
baik hasil pengukuran tinggi badannya ada di area garis hijau. Pengukuran
tinggi badan anak ini juga untuk mengetahui status gizi anak.
|
||||||||
3.
|
Perkembangan Anak Secara Psikis
|
||||||||
Perkembangan
psikis anak adalah bertambahnya fungsi tubuh yang lebih kompleks, mencakup
fungsi sensoris (dengar, lihat, raba, rasa, cium), kemampuan gerakan (gerak
kasar dan gerak halus), kemampuan berkomunikasi dan interaksi (tersenyum,
menangis, bicara dan bahasa), kemampuan kognitif (mengenal, membandingkan,
mengingat, pemecahan masalah dan kecerdasan), kemampuan sosial dan
kemandirian, kratifitas, moral spiritual, dll.
|
|||||||||
a.
|
Kemampuan gerak kasar : kemampuan anak untuk melakukan
gerakan dan sikap tubuh yang melibatkan otot-otot besar, misalnya duduk,
berdiri, dll.
|
||||||||
b.
|
Kemampuan gerak halus dan kecerdasan : kemampuan anak untuk melakukan
gerakan yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu dan dilakukan oleh
otot-otot kecil tetapi memerlukan koordinasi yang cermat, misalnya menulis,
menggambar, dll.
|
||||||||
c.
|
Kemampuan berbicara dan bahasa : kemampuan anak untuk memberikan
respons terhadap suara, berbicara, mengikuti perintah, dll.
|
||||||||
d.
|
Kemampuan sosialisasi dan
kemandirian :
kemampuan anak untuk mandiri (makan sendiri, membereskan mainan setelah
bermain), berpisah dengan ibu/pengasuh, bersosialisasi, berinteraksi dengan
lingkungan sekitar, dll.
|
||||||||
|
|||||||||
4.
|
Tahapan Perkembangan Anak Sesuai
Tahapan Umur beserta Stimulasinya
|
||||||||
Upaya
untuk mengoptimalkan status perkembangan anak, orangtua atau pengasuh harus
melakukan stimulasi secara teratur sesuai umur anak.
Anak
yang kurang mendapatkan stimulasi memadai, mengakibatkan perkembangan jaringan
otak anak tidak optimal. Berikut ini gambar perkembangan otak anak yang
mendapatkan stimulasi dan yang kurang mendapatkan stimulasi.
|
|||||||||
|
|||||||||
Anak
bertambah umur, bertambah pula kemampuannya. Pada tabel berikut ini, tentang
tahapan perkembangan anak sesuai umurnya. Bila anak belum dapat melakukan
hal-hal dibawah ini sesuai umurnya, maka sebaiknya dibawa ke Puskesmas atau
Rumah Sakit terdekat untuk diperiksa lebih lanjut apakah ada keterlambatan
perkembangan dan mendapat intervensi segera.
|
|||||||||
Modifikasi
oleh Soedjatmiko, 2004, dari buku Denver II
|
|||||||||
Keterangan:
75%
mulai umur: artinya 75% anak lain telah bisa melakukan kemampuan itu pada
umur tersebut. Bila seorang anak belum biso melakukan kemampuan itu poda umur
tersebut : hati-hati, anak segera
dilatih melakukan kegiatan tersebut, atau konsul ke dokter.
|
|||||||||
5.
|
Kebutuhan Stimulasi agar Anak
Optimal Tumbuh Kembangnya
|
||||||||
a.
|
Fisik
(Asuh)
|
||||||||
Pemberian:
nutrisi, imunisasi, kebersihan badan dan lingkungan, pakaian, pengobatan,
olahraga, bermain, dll.
|
|||||||||
1)
|
Nutrisi
|
||||||||
a)
|
Menyiapkan
anak sehat, dilakukan ibu sejak anak masih dalam kandungan. Ibu harus
mengkonsumsi makanan yang bergizi sejak hamil.
|
||||||||
b)
|
Setelah
itu, ibu memberikan ASI Eksklusif pada anaknya sampai anak berumur 6 bulan.
|
||||||||
c)
|
Setelah
anak berumur 6 bulan, ASI terus diberikan, di tambah dengan makanan
pendamping ASI (MP-ASI).
|
||||||||
d)
|
Upayakan
pemberian MP-ASI dengan menu seimbang yang terdiri dari protein, karbohidrat,
lemak, vitamin, mineral, air. Nutrisi yang balk, sangat bermanfaat untuk
mengoptimalkan perkembangan otak anak.
|
||||||||
2)
|
Imunisasi
|
||||||||
Pemberian
imunisasi pada anak merupakan upaya penting untuk melindungi anak terhadap,
beberapa jenis penyakit menular yang dapat berakibat fatal. Imunisasi dasar
diberikan sejak bayi dan imunisasi ulangan saat usia di atas lima tahun.
|
|||||||||
3)
|
Menjaga
kebersihan
|
||||||||
Menjaga
kebersihan melalui penerapan perilaku sehat, mulai dibiasakan pada anak dan
pengasuh. Misalnya: cuci tangan pakai sabun setelah BAB atau sebelum makan,
gosok gigi, dll. Tujuannya adalah mencegah anak terkena penyakit. Sehingga
anak selalu sehat selera makannya tetap baik.
|
|||||||||
4)
|
Olah
raga dan rekreasi
|
||||||||
Untuk
menjaga status gizi, salah satunya adalah dengan menjaga selera makan anak.
Selain dengan mengusahakan agar hidangan makan yang disediakan dapat
menggugah selera makan anak, ternyata latihan fisik dan bermain juga dapat
meningkatkan selera makan anak karena melancarkan aliran darah sehingga zat
gizi dapat terdistribusi ke seluruh tubuh termasuk otak yang akan bereaksi
dalam fungsi pengaturan rasa lapar dan rasa kenyang.
|
|||||||||
b.
|
Psikis
|
||||||||
1)
|
Pemberian
kasih sayang (Asih) : rasa aman dan nyaman, dilindungi, diperhatikan, diberi
contoh (bukan dipaksa), dibantu, didorong, dihargai, penuh kegembiraan,
koreksi (bukan ancaman atau hukuman). Pemberian pola asuh secara demokratik.
|
||||||||
2)
|
Pemberian
stimulasi (Asah): sensorik, motorik, emosi-sosial, bicara, kognitif, mandiri,
kreativitas, kepemimpinan, moral, spiritual dll.
|
||||||||
Stimulasi pada anak umur 12 - 15
bulan
|
|||||||||
a)
|
Peluk,
senvum, bicara, panggil, ditanya
|
||||||||
b)
|
Cilukba,
melambai pada orang lain
|
||||||||
c)
|
Tunjuk
dan sebutkan nama gambar
|
||||||||
d)
|
Masukkan
benda ke dalam wadah
|
||||||||
e)
|
Menggambar,
menyusun kubus, puzzle sederhana
|
||||||||
f)
|
Main
boneka, sendok, piring, gelas
|
||||||||
g)
|
Berjalan
tanpa berpegangan
|
||||||||
h)
|
Berjalan
sambil tarik mainan, mundur, jinjit
|
||||||||
i)
|
Panjat
tangga, lempar-tangkap -tendang bola
|
||||||||
j)
|
Lepas
celana, makan sendiri
|
||||||||
k)
|
Meniru
perkerjaan di rumah tangga
|
||||||||
Stimulasi pada anak umur 15 - 18
bulan
|
|||||||||
a)
|
Berjalan
mundur, jinjit, naik tangga
|
||||||||
b)
|
Tangkap
dan lempar bola
|
||||||||
c)
|
Balok,
puzzle, menggambar
|
||||||||
d)
|
Bermain
air, meniup, menendang bola
|
||||||||
e)
|
Bercerita
tentang gambar di buku
|
||||||||
f)
|
Menyebutkan
nama benda, menyanyi
|
||||||||
g)
|
Main
telpon-telponan, menyatakan keinginan
|
||||||||
h)
|
Bermain
dgn teman sebaya, petak umpet
|
||||||||
i)
|
Merapikan
mainan, membuka baju
|
||||||||
j)
|
Makan
bersama
|
||||||||
k)
|
Merangkai
manik besar
|
||||||||
Stimulasi pada anak umur 18 - 24
bulan
|
|||||||||
a)
|
Bicara,
bertanya, bercerita, bernyanyi
|
||||||||
b)
|
Tanya
jawab, main telpon-telponan
|
||||||||
c)
|
Perintah
sederhana, membantu pekerjaan
|
||||||||
d)
|
Nonton
TV sambil dijelaskan
|
||||||||
e)
|
Melepas
baju, rapikan mainan
|
||||||||
f)
|
Makan
bersama dengan sendok garpu
|
||||||||
g)
|
Balok,
puzzle, menggambar, membentuk lilin
|
||||||||
h)
|
Buat
rumah-rumahan, petak umpet
|
||||||||
i)
|
Berjalan,
berlari, melompat
|
||||||||
j)
|
Berdiri
satu kaki, naik turun tangga
|
||||||||
k)
|
Melempar,
menangkap, menendang bola
|
||||||||
Stimulasi pada anak umur 24 - 36
bulan
|
|||||||||
a)
|
Sebutkan
nama benda, sifat, guna benda
|
||||||||
b)
|
Bacakan
cerita, tanya jawab
|
||||||||
c)
|
Anak
diminta bercerita pengalaman
|
||||||||
d)
|
Menonton
TV didampingi, menyanyi
|
||||||||
e)
|
Cuci
tangan, cebok, berpakaian, rapikan mainan
|
||||||||
f)
|
Makan
dengan sendok garpu
|
||||||||
g)
|
Puzzle,
balok, menggambar, menempel
|
||||||||
h)
|
Mengelompokkan
benda sejenis
|
||||||||
i)
|
Mencocokan
gambar dan benda
|
||||||||
j)
|
Menghitung
|
||||||||
k)
|
Melempar,
menangkap
|
||||||||
l)
|
Berlari,
melompat, memanjat, merayap
|
||||||||
Stimulasi pada anak umur 36 - 48
bulan
|
|||||||||
a)
|
Sebutkan
nama benda, sifat, guna benda
|
||||||||
b)
|
Bacakan
cerita, tanya jawab, bercerita
|
||||||||
c)
|
Menonton
TV didampingi, menyanyi
|
||||||||
d)
|
Cuci
tangan, cebok, berpakaian, rapikan mainan
|
||||||||
e)
|
Makan
dengan sendok garpu, masak-masakan
|
||||||||
f)
|
Menggunting,
menempel, menjahit
|
||||||||
g)
|
Puzzle,
balok, menggambar, mewarna, rnenulis
|
||||||||
h)
|
Mengelompokkan
benda sejenis
|
||||||||
i)
|
Mencocokan
gambar dan benda
|
||||||||
j)
|
Menghitung,
mengenal angka, huruf
|
||||||||
k)
|
Melempar,
menangkap, berlari, melompat
|
||||||||
l)
|
Memanjat,
merayap, main sepeda roda 3
|
||||||||
m)
|
Main
lalu lintas, ular naga dengan teman
|
||||||||
Stimulasi pada anak umur 48 - 60
bulan
|
|||||||||
a)
|
Sebutkan
nama benda, sifat, guna benda
|
||||||||
b)
|
Bacakan
buku, tanya jawab, bercerita
|
||||||||
c)
|
Menonton
TV didampingi, menyanyi
|
||||||||
d)
|
Cuci
tangan, cebok, berpakaian, rapikan mainan
|
||||||||
e)
|
Makan
dengan sendok garpu, masak-masakan
|
||||||||
f)
|
Menggunting,
menempel, menjahit
|
||||||||
g)
|
Puzzle,
balok, menggambar, mewarna, menulis
|
||||||||
h)
|
Mengelompokkan
dan mencocokkan benda
|
||||||||
i)
|
Mengingat,
menghafal, mengerti aturan
|
||||||||
j)
|
Membandingkan
besar kecil, banyak sedikit
|
||||||||
k)
|
Menghitung,
konsep satu dan setengah
|
||||||||
l)
|
Mengenal
angka, huruf, simbol, musim
|
||||||||
m)
|
Melempar,
menangkap, berlari, melompat
|
||||||||
n)
|
Memanjat,
merayap, sepeda roda 3, ayunan
|
||||||||
o)
|
Bermain,
makan dengan teman
|
||||||||
TUMBUH KEMBANG ANAK SEHAT
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar